Oktober 24, 2022

Workshop Foto Kehumasan Herry Tjiang

Workshop Foto Kehumasan Herry Tjiang

 

Kementrian ATR/BPN  – 18 Oktober 2022 – Grand Mahakam -Jakarta Selatan

Workshop foto Kehumasan yang berlangsung di Hotel Grand Mahakam ditanggal 18 oktober 2022, bersama Kementrian ATR /BPN dengan pemateri Herry Tjiang . Herry Tjiang yang juga pengajar fotografi di Jakarta school of photography adalah penulis juga accessor fotografer dari BNSP dan juga offical content creator tiktok.

Acara workshop foto kehumasan ini berlangsung selama satu hari dengan materi yang cukup padat dari penggunaan camera digital , smartphone dan penggunannya di foto kehumasan seperti penggunaan foto di social media kementrian.

  

Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati, pelatihan untuk meningkatkan potensi dan keterampilan para pegawai dibidang fotografi khususnya di Biro Humas agar dapat menunjang tugas dan fungsi kehumasan yang tidak lepas dari kecepatan dan update informasi di social media.

Acara yang dimulai dari pukul 08 :00 pagi ini dimulai dengan penjelasan foto oleh Herry Tjiang dengan memberikan slide dan contoh contoh foto foto dan komposisi yang baik dan menarik di foto kehumasan.

Fotografi kehumasan definisi menurut Herry Tjiang adalah :

Fotografi yang mengambarkan atau menampilkan citra yang baik dari suatu perusahaan dimana fotografer tersebut bekerja

Dan tentunya ini berbeda dengan foto jurnalistik yang menggambarkan sesuatunya dengan netral tanpa boleh memihak. Untuk mendapatkan foto kehumasan yang menari tentunya diperlukan beberapa ide kreatif dan metode yang bisa dikembangkan. Selain itu fotografer kehumasan harus memiliki skill atau dasar fotografi yang baik sehingga dapat menghasilkan foto yang baik dengan moment yang ada.

Pelatihan foto kehumasan kali ini herry tjiang membagi tentang metode EDFATF yang dikembangkan oleh Herry Tjiang berdasarkan pengalaman dan meteode EDFATF yang sudah ada yang diperkenalkan Walter Cronkite School of Journalism and Mass Communication, Arizona State University.

Metode Fotografi kehumasan dengan metode EDFATF Herry tjiang ini adalah berisi 

  1. Entire
  2. Detail
  3. Frame
  4. Angle
  5. Time
  6. Feel / Feeling

Feel / feeling adalah pengembangan metode foto dimana fotografer harus memiliki feeling / rasa / intuisi tentang acara yang akan terjadi , atau sudah memperkirakannya. Sehingga penempatan camera dan anglenya sudah bisa diperikakan sehingga moment yang terjadi tidak terhilang atau tertinggal.

Peserta dari kementrian ATR / BPN ini dengan antusias mengikuti workshop satu hari penuh dimulai dengan pengenalan camera , lensa, penggunaannya pada smartphone, komposisi foto kehumasan dan penerapannya.

  

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antar Lembaga (PHAL) pada Biro Humas, Indra Gunawan menuturkan kepada semua pegawai Biro Humas yang mengikuti pelatihan ini agar dapat meningkatkan kualitas dalam teknik fotografi. Ia juga berharap para pegawai dapat menjadi contoh dan bisa menyebarkan ilmu yang didapat ke satuan kerja yang ada di daerah atau bisa disebut Training of Trainer (ToT).

  

“Sebagai anak muda kalian harus terus mencari, yang diberikan bekal hari ini memang terbatas, namun dengan bekal tersebut kami berharap bisa terus berkembang dan mengembangkan diri mencari kesempatan-kesempatan baru untuk memunculkan kreativitas. Harapannya, teman-teman bisa membantu Kementerian ATR/BPN dalam komunikasi publik,” tuturnya.

 

  

Dalam pelatihan ini, selain diberikan materi teknis fotografi juga diadakan praktik lapangan langsung dengan memotret area sekitar dan street photography supaya peserta dapat dengan mudah mengaplikasikan ilmu yang sudah didapatkan.

 

 

 

 

Herry Tjiang.
Trainer Fotografi Jakarta School of photography
OFFICIAL CREATOR TIKTOK

Certified Photographer
Certified Pilot Drone APDI ,FASI
Accessor Photography BNSP
http://instagram.com/herrytjiang
https://www.youtube.com/user/herrytjiang

RECENT POSTS

    Leave a comment