Sertifikasi Fotografer Perlu kah …?

Sertifikasi Fotografer Perlu kah …?

Sertifikasi Fotografer Perlu kah …?

 

SERTIFIKASI FOTOGRAFER INDONESIA

 

Dibeberapa artikel saya tentang sertifiasi fotografi yang ditujukan buat fotografer di tahun 2016 lalu banyak mendapat tanggapan, terutama teman teman fotografer dengan mengemail ke saya seara pribadi atau menanyakan melalui Whats Apps.
http://www.herrytjiang.com/asosiasi-profesi-fotografi-indonesia/

Mungkin penjelasan di artikel saya sebelumnya dapat ditambahakan dengan makin dibutuhkannya sertifikasi itu sendiri , dimana era MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) yang memungkinkan pekerja seni khususnya fotografer dari negara Asia bisa dengan mudah bekerja di seluruh area di negara Asia tanpa ada peraturan negara masing masing.

Oleh karena memberhatikan perkembangan di tingkat Asia inilah sertifikasi bidang fotografi diperlukan untuk perlindungan dan peningkatan kemampuan fotografer Indonesia untuk bisa juga bermain di tingkat Asia. Landasan lainnya adalah perundang undangan yaitu UU_Perindustrian_No_3_2014

kegunaan sertifikasi fotografi

Pada Pasal 25 Ayat 5 disebutkan pada perkerjaan tertentu Mentri menetapkan pemberlakuan standar kompetensi kerja Nasional sercara wajib .

Pada Ayat berikutnya Ayat 6 ,  Bahwa peusahaan juga wajib menggunakan tenaga kerja Industri yang memenuhi standar kompetensi kerja nasional Indonesia (SKKNI)

Jika Perusahaan tidak menggunakan tenaga kerja yang memenuhi kualifikasi kompensi atau tersertifikasi perusahaan tersebut akan dikenakan sanksi adminstratif berupa :
a. Peringatan tertulis
b. Denda administratif
c. Penutupan sementara
d. Pembekuan

Berdasarkan peraturan tersebut sangat disarankan fotografer atau profesi fotografer jika ingin menjalankan atau mendapatkan pekerjaan dari bidang usaha yang telah ditetapkan terutama Industri yang sudah ditetapkan pemerintah sebaiknya juga memiliki standar yang bisa dipertanggung jawabkan dan dalam artian berkompeten terhadap bidang tersebut.

Semoga penjelasan diatas makin meningkatkan kesadaran kita sebagai fotografer untuk mensertifikasikan diri sehingga bisa menghadapi perkembangan kedepan yang sudah ada didepan mata.

 

Herry Tjiang
Certified Fotografer APFI
PENGAJAR di 
Jakarta School of photography
(TEMPAT UJI KOMPETENSI FOTOGRAFI – JAKARTA)

Tempat uji kompetensi fotografer di Jakarta, TUK fotografi, TUK Photographer Indonesia 

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>