Juli 27, 2020

Membuat Food Replica , Food Dummy untuk food photography

Membuat Food Replica , Food Dummy untuk food photography

Pengalaman waktu di Jepang , membuat Food Replica ini sangat menarik . Tahun 2017 lalu bersama keluarga belajar membuat Food Replica, Food Dummy atau Stand in buat Food photgraphy langsung di Negara Jepang.(lokasi tepatnya saya share di bawah, berikut bagaimana kamu bisa kesana) . Ya karena desa ini jauh dari Tokyo kamu harus mengabiskan waktu seharian untuk bisa sampai dan balik lagi. Kebetulan saya berangkat stay di  Osaka , kurang lebih sekitar 3.5 jaman untuk sampai ditempat pembuatan Food Replica.

Food Replika diatas saya beli dan buat di Indonesia. Nah sejarahnya ini desa dari penemunya atau pembuat replica/ replika makanan yaitu Takizo Iwasaki pada tahun 1920 so sangat tua sekali kan …. makanya saya sempatkan belajar disana ditempat aslinya membuat dummy atau replika makanan. Nah lihat tutorial membuat food replika ini langsung ya.

 

Ini Mr. Takizo Iwasaki, Ditahun 1932 beliau mengembangkan dan mengkomercialkan makanan replika pertama dan mendirikan perusahaan di Osaka.

 

 

Untuk mencoba membuat food replika ini tergantung dengan jenis makanan yang ingin kamu buat , tarifnya sekitar 100 sampai 350 ribu rupiah. Tergantung jenisnya apa yang ingin kamu buat disana. Kamu juga bisa membeli paket paketnya seperti punya saya saya beli volume 2 dan 6 yang harganya sekitar 4.000 yen atau sekitar 540 ribu.

Nah Food replica ini sangat sering saya pakai untuk stand in sewaktu pemotretan makanan , supaya makanan aslinya nanti difoto langsung tanpa harus menunggu lagi kita melakukan setting lampu atau setting lainnya.

GUNA FOOD REPLIKA / FOOD DUMMY / STAND IN FOOD di Food photography

  1. Food stand in di fotografi , kita melakukan setting lighting dengan stand in food / replika supaya kita tahu penempatan lighting dan hasilnya seperti apa .
  2. Menyusun komposisi dengan props lainnya
  3. Menjaga makanan tetap fresh sewaktu difoto dengan menggunakan Food replika ini

 

Jenis Food replica ini macam macam seperti dibawah ini :

Jadi bisa sembuat segala jenis makanan, dari western , asian , traditional , chinesefood, dan juga pastinya japanese food. Food replika ini dibuat dari Lilin dan juga plastic dan campurannya. Ada juga Food replika yang dibuat dari clay dan full plastic. Dari pengalaman memotret dan menggunakan food replika yang paling mendekati dan menarik untuk dilihat adalah menggunakan media lilin ini.

Seperti contoh dibawah ini semua menggunakan media lilin

Tertarik membuat atau belajar membuat food dummy atau food replica ini ??? Ini lokasi jika kamu mau belajar membuat Food Replika , Desa Iwasaki di Kota Gujo, Prefektur Gifu, Jepang . Arah dan petanya bisa kamu lihat dibawah

Buat kamu yang mau berangkat dari Osaka ini Petanya

Note : Lebih cepat menggunakan Bus untuk sampai di Desa Iwasaki ini. dan Jangan lupa jangan pulang terlalu larut karena resto juga sudah tutup dan bus juga sudah tidak ada lagi . Lokasinya deket banget dengan Yosinoya mungkin sekitar 300 meter saja dan ini bisa juga menjadi tempat makan kamu.

 

 

Herry Tjiang
Food Photographer, Food stylish , Food Vlogger
www.youtube.com/herrytjiang

 

 

RECENT POSTS

    Leave a comment