August 19, 2018

Sejarah perusahaan dji penguasa industri drone yang mendunia

Sejarah perusahaan dji penguasa industri drone yang mendunia

Drone …kata yang sudah sangat familiar ini juga ada dikarenakan makin maraknya pangsa pasar drone di Indonesia dan dunia. Drone yang di produksi oleh market leader pembuat drone yaitu DJI.

Tahun 1980
Frank Wang yang memiliki nama lengkap Wank Wan Tao lahir pada tahun  1980 ini merupakan pendiri sekaligus pemilik 45 % saham dari perusahaan DJI yang dulunya memulai bisnis penjualan dan perakitan drone dari garasi rumahnya. Frank Wang juga dinobatkan sebagai milyader termuda dengan usaha dibidang teknologi ini. Kekayaannya mencapai US$ 3.2 milyar dan menduduki peringkat 76 orang terkaya di dunia.

DJI di tahun 2006
DJI perusahaan yang di miliki oleh Frank Wang ini merupakan perusahaan drone yang menguasai hampir 70 % pangsa drone didunia melalui perusahan DJI ( Dà-Jiāng Innovation ) yang berdiri di Shenzhen, Guangdong , China sekitar 2006 atau sekitar 12 tahun lalu.

Frank Wank

DJI Technology kini telah menjelma menjadi perusahaan startup paling bernilai di China dengan nilai valuasi mencapai US$ 13,7 miliar. DJI memulai produksi secara masal dengan nama DJI Phantom 1 dan DJI Phantom 2 kemudian product lainnya menyusul seperti DJI Phantom Vison 2 sampai saat ini Phantom generasi ke 4 atau disebut DJI Phantom 4 yang memiliki kecangihan anti tabrak disemua sisi dronenya.

DJI di tahun 2008,
Dji menjual productnya pertama kali
DJI di  tahun 2013, 
Mulai memproduksi drone untuk consumer yaitu phantom 1 . Tentunya semuanya masih terbatas tidak ada sensor, tidak ada jangkauan yang jauh bahkan dikenal suka fly away.
DJI di tahun 2015 ,
Kecepatan perbaikan dan peningkatan jangkauan signal yang menambah kelengkapan dari Phantom 3 yang jadi salah satu drone fenomenal terutama di kelas Phantom 3 profesional yang menggunakan camera 4K pertamanya
DJI di tahun 2016,
Dji merilis drone terkecil yang memiliki kecanggihan drone dengan memperkenalkan sensor anti tabarak nya, drone ini bersaing dengan karma dari gopro yang pada akhirnya harus menyerah kalah pada raksasa drone ini.
Selain memproduksi untuk consumer market seperti DJI Phantom, Mavic air , Mavic pro , Spark dan tello ini juga memiliki seri profesional dengan nama Inspire 1 dan Inspire 2. Tak berhenti disitu  segemen pasarnya juga dikembangkan untuk enterpise yaitu dengan beragam kemampuanya seperti untuk agriculture dan industrial dengan productnya AGRAS MG-1S, Matrice 100, 200 , 600 .
DJI di tahun 2017 , perusahaan ini berhasil mengakuisisi Kamera Hasselblad, peruahaan camera medium format yang sangat tekenal ini juga harus menyerahkan sebagaian besar sahamnya ke DJI. Dimana nantinya secara perdana camera yang dipakai oleh dji ini akan menggunakan camera atau lensa dari Hasselblad. Nah kita tunggu ya kehadirannya di DJI Mavic pro 2
DJI di tahun 2018 mengembangkan product mavic pro 2 yang tampil dengan dua varian , membesut camera barunya keluaran
hasselblad for mavic pro.
Herry Tjiang
Drone pilot license
08161121461

 

RECENT POSTS

    Leave a comment